Wednesday, August 14, 2013

Rambu Lalu Lintas tertutup Pohon Taman


Rambu lalu lintas dibuat adalah untuk ketertiban dan keamanan pengguna jalan. Namun sayang..ternyata banyak rambu lalu lintas yang tidak bisa terlihat/nampak langsung oleh pengendara disebabkan karena terhalang oleh dahan pohon tanaman taman yang banyak terdapat disepanjang jalan-jalan raya. Hal ini tentu saja sangat mengganggu dan membahayakan para pengguna jalan, yang mana apabila pengendara tidak hati-hati atau waspada akan terjadi kecelakaan yang bisa berakibat fatal bagi pengendara itu sendiri.
blogspot

Memang pohon ditanam disepanjang jalan raya mempunyai tujuan yang sangat baik dan banyak manfaatnya, antara lain bisa sebagai penghasil oksigen yang berguna untuk meminimalisir polusi yang diakibatkan asap kendaraan. Pohon atau tanaman tersebut juga sebagai penyejuk terutama di kota-kota besar yang terkenal akan panasnya suhu udaranya. Tanaman-tanaman ditanam dengan tujuan salah satunya adalah untuk keindahan kota.

Kembali kemasalah banyaknya rambu-rambu lalu lintas yang tertutup oleh rindangnya pohon tanaman taman yang ada disepanjang jalan raya...disatu sisi banyak pula manfaat dari penanaman pohon atau tanaman tersebut, tentu harus ada perhatian serius dari pihak-pihak terkait yaitu Dinas Perhubungan yang mengurusi pemasangan rambu-rambu lalu lintas dengan Dinas Pertamanan Kota yang bertugas menjaga dan merawat pohon atau tanaman taman tersebut.

Pihak Dinas Perhubungan perlu meninjau dengan seksama bagaiman peletakan rambu-rambu lalu lintas agar dapat terlihat dengan jelas bagi pengendara atau pengguna jalan, sehingga tidak membahayakan keselamatan yang bisa terjadi kecelakaan yang berujung pada damapak yang tidak diinginkan yaitu kematian. Dan juga jangan sampai peletakan rambu-rambu lalu lintas yang nampak kurang jelas tersebut dimanfaatkan oleh oknum polisi lalu lintas yang dengan sengaja membiarkan terjadi pelanggaran rambu lalu lintas dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan pribadi yaitu dengan menawarkan "sidang" ditempat. Bahkan yang lebih parah lagi ada titik-titik tertentu dimana sering terjadi pelanggaran rambu lalu lintas, dijadikan tempat favorit oleh oknum polisi lalu lintas untuk dijadikan lahan mencari penghasilan tambahan.

Sedangkan dari Dinas Pertamanan Kota juga harus memperhatikan perawatan pohon tanaman taman jangan sampai rimbunnya daun tanaman menyebabkan terhalangnya kenampakan rambu lalu lintas. Dahan atau ranting yang menjorok ke arah jalan, harus senantiasa dipotong. Jangan sampai tujuan mulia dari penanaman pohon tersebut justru barakibat negatif bagi pengguna jalan.

Semoga bermanfaat,