Wednesday, August 14, 2013

Hapal Rambu Lalu Lintas


hapal

Bagi para pengguna jalan, memahami makna dari setiap rambu lalu lintas sudah menjadi suatu keharusan. Karena rambu lalu lintas itu ada untuk menjaga ketertiban penggunaan jalan. Di samping itu rambu-rambu lalu lintas juga berguna untuk menjaga pengguna jalan dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Karena itulah untuk memperoleh SIM pasti ada test tentang pemahaman rambu lalu lintas. Namun bagi sebagian orang, menghafal makna dari setiap rambu lalu lintas bukanlah perkara yang mudah. Untuk itu perlu adanya upaya yang tepat agar proses menghafal rambu lalu lintas bisa berjalan dengan lebih mudah.

Untuk membantu anda yang kesulitan dalam menghafal rambu lalu lintas, berikut ada beberapa tips untuk menghafalkan rambu-rambu tersebut. Jadi saat ada perintah yang muncul dari dalam diri anda untuk hapalkan rambu lalu lintas, anda bisa menggunakan tips-tips berikut ini:
  • Menghafal gambar sebenarnya lebih mudah dibandingkan menghafal teks. Hal ini juga sudah terbukti. Karena itulah rambu lalu lintas dibuat dalam bentuk gambar yang sederhana dan mudah untuk dianalisa. Jika anda ingin menghafal rambu lalu lintas, pahami hal ini dan anda pun akan lebih percaya diri dalam menghafal.
  • Untuk bisa menghafal, tentunya anda membutuhkan media yang bisa menginformasikan kepada anda terkait dengan rambu lalu lintas yang ada. Saat ini ada banyak poster yang berisi gambar-gambar tentang rambu lalu lintas. Bahkan anda juga bisa mencari informasi mengenai rambu lalu lintas secara online. Jadi menemukan media pembelajaran bukanlah perkara yang sulit lagi.
  • Kunci dari menghafal adalah rutinitas. Jadi hafalkan rambu lalu lintas secara rutin. Kalau bisa buat jadwal dan pastikan setiap harinya anda memiliki waktu untuk menghafal rambu lalu lintas.
  • Untuk lebih memudahkan anda dalam menghafal, anda juga bisa menempatkan beberapa rambu lalu lintas yang bisa mewakili kondisi rumah anda. Misalnya saja anda bisa menempatkan rambu lalu lintas yang memiliki makna di larang masuk ke kamar anda atau rambu dilarang berhenti di depan pintu. Dengan melakukan hal tersebut, proses belajar juga akan terasa lebih menyenangkan dan lebih nyata.
  • Evaluasi juga penting. Setelah selama beberapa waktu anda menghafalkan rambu lalu lintas, anda bisa menyediakan waktu khusus untuk mengecek hafalan dan pemahaman anda terkait dengan rambu lalu lintas. Dari evaluasi ini, anda bisa mengetahui kelemahan anda dan menentukan langkah yang tepat untuk memperbaiki kekurangan anda tersebut.
  • Untuk bisa benar-benar hafal dan memahami rambu lalu lintas memang membutuhkan proses. Jadi tidak usah terlalu terburu-buru. Yang terpenting adalah menghafalkannya dan memahaminya secara rutin. Setelah anda bisa menghafal rambu lalu lintas dengan baik, maka anda bisa memperoleh SIM anda.