Saturday, September 14, 2013

Tips aman berkendara sepeda motor

Bagaimana sih caranya..??? Apa cukup pake helm aja ??? 
aman berkendara

Tips Pertama adalah Kenali diri anda
     Cobalah anda analisa dan pikirkan bagaimana kriteria diri anda ketika sedang mengendarai sepeda motor, apakah anda seorang tipe pengendara yang sabar ? waspada ? sangat berhati-hati ? atau anda suka kebut-kebutan ? atau anda seorang tipe pengendara yang suka memancing emosi pengendara lain ?
     Hal-hal diatas adalah hanya sebagian dari tipe pengendara yang saya jumpai , masih banyak tipe-tipe lainnya. Untuk itu anda perlu untuk memahami diri anda sendiri sebagai pengendara sepeda motor, usahakan anda selalu sabar, waspada dan konsentrasi saat berkendara sepeda motor karena hal ini menyangkut demi keselamatan anda. Nah jika anda sudah mengenali bagaimana diri anda dalam berkendara saatnya anda berlanjut ke tips yang kedua.

Tips Kedua adalah Kenali kendaraan yang anda pakai
     Banyak sekali pengendara yang tidak mengenali karakter kendaraan yang dipakai baik dari kondisi kendaraan (spare parts + perawatan) maupun kemampuan kendaraannya. Sebagai contoh saya ambil seorang pengendara A menggunakan motor berkapasitas 100cc. Ketika diperjalanan yang memiliki 2 arah itu, A ingin mendahului / menyalip kendaraan didepannya berupa mobil, dan kebetulan dia hanya melihat celah menyalip dengan mengambil sedikit jalan dari kendaraan arah berlawanan. Ketika hendak menyalip mobil tersebut, A sudah melihat di arah berlawanan ada kendaraan mobil yang melintas sedangkan A ingin memakai jalurnya untuk menyalip mobil didepannya, tetapi si A memaksa untuk menyalip didepannya meski ia tahu ada kendaraan dari arah berlawanan yang sudah semakin dekat yang hanya memiliki peluang sedikit untuk berhasil menyalip mobil didepannya. Nah karena motornya tidak memiliki cukup tenaga akhirnya si A gagal menyalip dan malah tertabrak kendaraan dari arah berlawanan. Oleh karena itu disini faktor yang sangat penting adalah pengendalian emosional dan mengenali kemampuan kendaraan yang dipakai. 
     Masih banyak hal lain yang menjadi penyebab kecelakaan, bisa berasal dari ban motor yang sudah botak dan licin atau rem yang fungsinya tidak maksimal dan lain-lain. Jika anda sudah mengenali kendaraan dan diri anda selanjutnya lakukan tips ketiga.

Tips Ketiga yaitu Kenali jalan yang anda lalui
     Kecelakaan yang diakibatkan oleh kondisi jalan juga besar. Bisa diakibatkan oleh jalan yang berlubang, jalan yang berpasir, kondisi jalan yang licin, kurangnya penerangan jalan ataupun alur jalan yang berbahaya seperti tikungan tajam. Jika anda belum mengenali jalan yang anda lalui sebaiknya anda jangan menambahkan kecepatan kendaraan motor anda. Hal yang harus anda lakukan adalah lebih berkonsentrasi dan waspada khususnya apabila dimalam hari. Kecelakaan lebih sering terjadi dimalam hari. Jika tahap ketiga ini sudah anda kuasai selanjutnya ke tahap ke empat.

Tips Keempat yaitu Patuhi rambu-rambu lalu lintas
     Banyak sekali saya temui kendaraan bermotor yang menerobos lampu lalu lintas yang sedang berwarna merah dan berakhir dengan kecelakaan. Itulah akibatnya jika tidak mematuhi rambu-rambu jalan. Saya pun juga pernah melanggarnya, tetapi itupun dilakukan dengan penuh pemikiran dan analisa yang matang agar kemungkinan kecelakaan semakin kecil. Selain itu juga disebabkan oleh melanggar peraturan seperti kapasitas dalam motor yang berlebihan padahal yang dianjurkan jika berkendara maksimal 2 orang dalam satu motor (boncengan). Itupun berpengaruh pada kecelakaan karena ruang gerak mengendarai motor yang terbatas serta kemampuan mesin motor yang menjadi lemah, jadi sebaiknya patuhilah selalu rambu-rambu lalu lintas dan peraturan yang ada saat berkendara demi keamanan bersama. Dan selanjutnya tips yang terakhir.

Tips Terakhir yaitu pastikan Kondisi anda dan Kendaraan anda telah siap
     Jangan mengendarai motor dalam keadaan sakit, apalagi ditambah tidak memakai atribut keamanan berkendara seperti helm yang SNI, sarung tangan ataupun masker. Hal ini sangat berbahaya karena jika anda mengalami kecelakaan setidaknya jika anda memakai atribut lengkap akan lebih ringan beban luka yang didapat. Lalu kondisi motor motor juga harus diperhatikan, cek selalu sebelum berkendara rem, lampu penerangan ataupun lampu sein, tekanan ban dan lainnya. Jika ada spare part yang harus diganti segeralah ganti jangan menunda-nunda demi keselamatan anda, dan servicelah motor anda secara teratur !!

Takdir kecelakaan memang tidak ada yang mengetahui kapan terjadi, dalam kendaraan motor hanya ada 2 kemungkinan kecelakaan yaitu menabrak atau tertabrak. Jadi waspadalah selalu untuk memperkecil kecelakaan itu terjadi .

sumber : UjayInspirations