Sunday, December 22, 2013

Tips memilih kaca Helm

kaca helm
Terkadang kita ingin membeli kaca helm, entah karena alasan tergores, pecah atau bahkan hanya ingin mengganti warna yang berbeda. Sebelum kita memutuskan untuk membeli sebuah kaca helm yang baru, ada baiknya kita harus memperhatikan terlebih dahulu hal-hal seperti, kualitas mutu, kenyamanan dan keamanannya, sehingga tidak mengganggu kesehatan mata anda saat kaca helm tersebut digunakan. 

Berikut ini tips-tips yang harus diperhatikan dalam memilih kaca helm yang baik :

  1. Kaca helm harus dilapisi dengan lapisan anti sinar Ultra Violet, lapisan anti gores , disamping itu kaca helm harus nyaman dipakai di malam hari dan sing hari. Karena saat terkena sinar lampu, juga bisa untuk melihat dengan jelas, tidak silau . Sehingga tidak mempengaruhi pandangan saat melihat kondisi jalan. Sehingga pandangan mata akan lebih jelas disegala kondisi .
  2. Ada kaca helm yang membuat mata kita sakit bila digunakan. Biasanya kaca helm jenis ini membuat pandangan mata berbeda saat digunakan dan dibuka. Akibatnya mata susah fokus ke suatu benda, bila dipaksakan, mata akan berat kerjanya,jika berlangsung lama, membuat mata menjadi minus. Dampaknya memang tidak langsung terjadi, tapi terakumulasi di waktu yang akan datang.
  3. Jika kaca helm yang dipilih terlalu gelap atau transparan, bisa membuat retina bekerja lebih dari proporsinya, karena retina adalah tempat yang pertama mata menerima rangsangan cahaya. Apalagi kalau itu terjadi setiap hari, bisa berefek negatif bagi kesehatan mata.
  4. Kaca helm sebaiknya berbentuk terlalu cembung

Beberapa hal yang perlu, diperhatikan untuk mengetahui kaca helm berkualitas, diawali dari bahannya. 

  • Perhatikan dengan baik wujud kaca helm tersebut, harus bening dan tidak cacat.
  • Kaca Helm yang baik, terbuat dari Polycarbonate , tidak ada kotoran ataupun bercak-bercak dikaca helm.
  • Jangan memilih kaca helm yang terbuat dari polycarbonate daur ulang, karena kualitasnya kurang bagus, materialnya terbuat dari daur ulang plastik bekas makanan dan minuman. Biasanya Kaca helm jenis ini, tidak terlalu jernih dan ada seperti buih atau embun terlihat pada kaca helmnya.
  • Kaca helm yang bagus memiliki ketebalan minimal 2 mm, kalau untuk balap ketebalanya 3 hingga 4 mm. Cenderung kaku tapi liat, bukan kaku yang mudah patah ataupun pecah.
  • Untuk helm double visor, pastikan tidak mudah turun, dan terkunci bagus, tetapi mudah dikeluarkan dari tempatnya bila diperlukan.

Sangat penting memperhatikan kualitas kekuatan tempurung helm harus menjadi penilaian utama sebagai pelindung kepala saat berkendara sepeda motor. Namun, mutu dari kaca helm atau visor perlu mendapat diperhatian ektra karena berpengaruh dalam menjaga keselamatan.

Peranan penting Kaca Helm
Peran penting kaca helm antara lain, melindungi wajah dan mata dari terpaan angin, debu, batuan halus, sinar matahari langsung. 

Model-model kaca helm yang beredar di pasaran: visor clear atau kaca bening, bening berwarna-warni, dan kaca gelap atau smoke visor.
Untuk helm retro, ada kaca yang berbentuk seperti paruh burung, ada yang seperti bra, dan ada yang berjenis bogo. Harga-harga visor berkisar Rp 10,000 – 75,000.
Biasanya kaca helm yang murah mempunyai kualitas yang tidak bagus. Mudah tergores, dan tidak nyaman. Bahan yang digunakan juga tidak dilapisi dengan polycarbonate antigores.
Helm yang bagus biasanya mempunyai kaca yang lentur. Kelenturan kaca ini membuatnya tidak mudah pecah

Dengan tips-tips diatas kiranya Anda dapat dengan mudah memilih Helm dengan Visor yang benar, untuk menjaga keselamatan saat berkendara.

sumber :
http://autofresh.net