Sunday, December 22, 2013

Helmet yang Aman dan Nyaman

aman berkendara
Dalam mengendarai sepeda motor hal utama yang harus diperhatikan adalah faktor keselamatan kepala anda, untuk itu gunakanlah pelindung kepala atau yang biasa kita sebut dengan helmet. Helmet selain untuk melindungi kepala dari sengatan sinar matahari juga dapat melindungi kepala dari kecelakaan lalu lintas. Seiring dengan perkembangan zaman helmet juga mengalami banyak perkembangan, tidak hanya sebagai pelindung, hemet juga bisa digunakan oleh pemiliknya sebagai aksesoris yang modis dan funky. Apapun alasan pengendara, sebaiknya memilih dan menggunakan helmet yang sudah distandarisasi oleh pemerintah atau yang dikenal dengan SNI [Standar Nasional Indonesia], berikut ini ada beberapa tips memilih helmet yang nyaman dan aman ...yuukkk kita simak...!!!

Tips Memilih Helmet yang Nyaman dan Aman
 

  • Pilih kaca helm yang bening dan memberikan efek netral sehingga tak mengganggu pemandangan, terutama saat digunakan pada malam hari. Ukuran helm harus disesuaikan dengan kepala pemakainya.   
  • Helm yang disarankan bagi seorang pengemudi adalah helm yang pas atau menekan bagian pipi dan dahi pada wajah. 
  • Jika helm yang digunakannya itu tidak pas atau longgar, besar kemungkinan helm itu akan terlepas dari kepala semakin besar dan membahayakan pengendara.
  • Helm yang disarankan bagi pembonceng adalah menggunakan helm yang sesuai dengan ukuran kepala pemakainya dengan kaca polos, usahakan menggunakan helm yang menutupi seluruh bagian wajah.  
  • Buka kaca bagian depan helm seperempat bagian saat hujan atau membuka seluruh ventilasi helm. Membuka kaca akan mengurangi kabut pada kaca yang dapat mengganggu penglihatan pengemudi.  
  • Gunakanlah helm yang baru. Hindari menggunakan helm yang sudah jatuh lebih dari dua kali sebaiknya beli lagi yang baru. 
  • Carilah helm yang ada lambang SNI (cetak timbul), kerena helm tersebut sudah diakui oleh nasional dan aman untuk digunakan

Mudah bukan, demi kenyamanan anda saat berkendara, tak ada salahnya mencoba tips tersebut khan? Berkendara aman, andapun selamat sampai tujuan. 

Sumber.
http://batriders.frbb.net