Saturday, March 8, 2014

Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Berkendara Motor

bermotor yang salah
Beberapa Tips tentang apa saja yang jangan dilakukan waktu berkendara motor.
Berikut hal-hal yang tidak boleh dilakukan bikers saat berkendara :

1. Jangan memacu kendaraan di gigi tinggi 
Menggunakan gigi tinggi membuat Anda ”melayang” dan kurang kontrol. Pakailah gigi rendah (sesuai), terutama menghadapi kepadatan lalu-lintas. Kenapa? Karena sesekali Anda membutuhkan tenaga cukup untuk mengejar ketinggalan. Mengerem dengan gigi tinggi bukan pilihan yang tepat.

2. Jangan bawa pembonceng tanpa perlengkapan aman
Pasangan atau salah satu keluarga ingin dibonceng? Boleh, tapi dia harus memakai perlengkapan keamanan, minimal pelindung kepala dan kaki. Dalam kecepatan tertentu, pembonceng lebih berpotensi terlempar ketika terjadi benturan. Tentu Anda tidak ingin hanya diri sendiri yang selamat dari kecelakaan.

3. Jangan bermotor kalau tidak enak badan
Naik motor itu harus sehat, nyaman, banyak minum, dan cukup istirahat. Sebagian besar kecelakaan bukan disebabkan karena sepeda motor, tetap karena pengendara yang ceroboh. Merasa dalam kondisi yang baik sangat penting untuk mendapat feeling berkendara.

4. Jangan lihat ke bawah
Apa pun yang terjadi, meski ketika posisi akan terjatuh, jangan melihat ke bawah. Mata perlu terus memandang ke depan, mengikuti arah yang akan dituju. Belok kanan, pandang jalur kanan yang akan Anda lewati. Ini meningkatkan kewaspadaan dan refleks ketika akan jatuh. Sekali melihat ke bawah dalam tikungan, meski tak sampai sedetik, celaka sudah ada di depan mata.

Nah semoga tips ini bisa membantu dan setidaknya menambah sedikit tata cara berkendara motor yang baik, aman dan nyaman (safety riding).